After Sales Kini Jadi Prioritas

Di Luar jaminan kualitasnya, harga yang Ditawarkan Di gerai tidak resmi bisa berbanding Setengah Dari harga yang Diberikan oleh gerai resmi. Ibarat peribahasa tambah air tambah sagu, semakin banyak permintaan berarti semakin banyak pula ongkos yang harus dikeluarkan. Hal ini seharusnya berlaku pula pada vendor smartphone yang menjual produk sekaligus melayani purna jual. Sekarang ini semakin marak permintaan masyarakat terhadap ponsel-ponsel pintar teranyar.

Baca juga : Net89

Melihat fenomena itu, semua brand smartphone pun gencar mengeluarkan produk terbarunya. Dengan berbagai keunggulan vendor mencoba untuk menggaet konsumen. Namun, apakah dengan banyaknya produk yang diluncurkan, para vendor ini juga menjamin fasilitas after sales-nya? Seperti peribahasa tadi, seharusnya dengan semakin banyak produk yang diluncurkan maka fasilitas after sales seperti layanan service pun harusnya semakin terjamin.

Di luar itu, kita sebenarnya juga tidak ingin ponsel yang dimiliki harus masuk service centre karena rusak. Namun, tidak menutup kemungkinan pengguna akan menemui kerusakan, entah karena bawaan pabrik atau karena cara penggunaan yang kurang baik. Ini yang kerap dikeluhkan oleh para konsumen terhadap layanan after sales dari vendornya. Mulai dari lamanya waktu perbaikan, customer service yang tidak ramah, atau jawaban mengambang yang tidak mencerahkan. Hal ini membuat konsumen justru lari ke tempat service yang tidak resmi.

Jarang kanibal sparepart

Soal “kanibal” barang, Nani menerangkan bahwa jarang bermain seperti itu. “Kita ga main kanibal, biasanya paling sama temen sendiri. Kalo ke customer sih jarang, barangnya juga belum tentu ada,” jelasnya. Namun, saat ini konsumen rupanya tetap lebih percaya pada gerai service centre resmi.

Didapati memang untuk pemilik smartphone terbaru lebih banyak lari ke gerai gerai resmi dengan sparepart asli dan layanan yang terjamin. Namun tetap dalam koreksi konsumen mengenai layanan service centre di gerai resmi, akan sangat baik ketika layanan after sales terus ditingkatkan lagi. Supaya konsumen pun tidak hanya dipuaskan dengan produk yang bermutu tapi juga layanan service dan garansi yang juga memuaskan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *