Cat Pelapis Eksterior

Dinding yang terkena paparan sinar matahari memiliki kemampuan menyerap panas, sehingga ketika siang menuju sore hari, dinding akan menyimpan panas dan merambatkannya ke dalam ruangan. Untuk menekan perambatan tersebut, tidak ada salahnya menggunakan material pilihan seperti cat pelapis penolak panas.

Leo Saputra, Manager Marketing HeatGard, cat pelapis anti-panas, mengungkapkan bahwa dengan mengaplikasikan cat pelapis anti-panas, setidaknya membantu menurunkan suhu obyek yang dilapisinya. Misalnya bagian luar memiliki dinding eksterior yang disinari matahari bersuhu 60°C, karena dilapisi dengan cat anti-panas yang bersifat memantulkan sinar, maka suhu dinding bagian dalam rumah tidak sepanas suhu di luar.

Justru sebaliknya, suhu permukaan dinding dalam tersebut bisa turun 5°-15°C. Aplikasinya pun mudah dilakukan tanpa harus merenovasi rumah. Cukup aplikasikan pemukaan dinding eksterior dengan cat pelapis ini minimal 2 kali pelapisan. Leo menambahkan, untuk membuatnya bekerja efektif, sebaiknya bersihkan dinding terlebih dahulu dengan sikat atau lap. Hilangkan kotoran yang terdapat di permukaan dinding agar material bisa menempel dengan sempurna. Leo juga mengatakan, cat pelapis ini juga dapat diaplikasikan untuk material atap yang berbahan dasar asbes.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *