Chef owner IKIKUE/ Finalis Masterchef Season 2

Ada Chef Beng Budiarso (35) yang mendalami teknik membuat dan mendekor kue-kue tiga dimensi. Kue yang berwujud replika suatu bentuk benda, hewan, maupun tokoh kartun ini begitu memiliki nilai jual tinggi asal tahu teknik membuatnya. Ahli pastry sekaligus Finalis Masterchef Indonesia season 2 ini berbaik hati membagikan ilmunya untuk berkreasi membuat cake tiga dimensi yang cantik.

Baca juga : Catering Jakarta Selatan

Cake tiga dimensi memang harus tampak kokoh, karena bentuknya merupakan replika benda atau tokoh kartun. Dasar cake yang digunakan tentu harus kokoh. Karena cake ini nantinya akan dibentuk dan ditutupi dengan dekorasi berbahan fondan yang cukup berat massanya. Saran Beng, pilihan brownis kukus atau butter cake sebagai dasar membuat cake tiga dimensi bisa jadi pilihan. Selain teksturnya lebih kokoh, cake jenis ini juga lebih mudah diukir untuk membuat bentuk khusus.

Tahap berikutnya perhatikan pula dimensi replika yang akan dibuat. Ukuran tinggi, lebar, bundar, atau kotak akan menentukan penggunaan jenis loyang untuk membuat cake agar lebih efisien. “Bisa dibantu dengan browsing gambarnya dulu, atau membuat pola dalam bentuk gambar. Hal ini penting untuk mengetahui postur, ekspresi, hingga kebutuhan warnanya,” imbuhnya. Selanjutnya, siapkan fondan sebagai bahan utama untuk melapisi kue. Lapisan fondan juga diperlukan agar cake siap dihias. Teknik hiasnya bisa dilukis, tempel, atau ukir.

Bahan dasar fondan umumnya dari gula, gelatin, glycerine, dan shortening,” urainya. Saat menyiapkan fondan, pastikan membagi komposisi fondan sesuai kebutuhan warna dan jumlahnya. Misalnya, ketika membuat cake 3D berbentuk doraemon, Chef Beng membutuhkan fondan untuk warna putih dan biru dalam jumlah banyak. Sisanya dalam jumlah sedikit berupa warna hitam, merah, dan kuning untuk bagian alis, hidung, serta baling-baling bambu. “Jadi kita harus bisa menghitung kebutuhan fondan dan warnanya sesuai bentuk karakternya,” terang pria kelahiran Semarang ini.

Menumpuk Cake

Sangat mungkin membuat cake yang ditumpuk karena tingginya dimensi replika yang kita butuhkan tak memungkinkan menggunakan satu cake. Jika membutuhkan bentuk khusus yang membutuhkan cake yang ditumpuk, Chef Beng menyarankan menggunakan ganache untuk merekatkan cake. Ganache bisa dibuat dengan mencampurkan cokelat leleh dan whipping cream dengan perbandingan 2 : 1. “Ganache lebih kuat berfungsi sebagai “lem” dibandingkan buttercream,” ujarnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *