Elemen Warna Bedakan Interior Dan Eksterior

Aspek warna dalam menciptakan kesan sejuk bukan sekadar aplikasi semata. Lewat pemilihan warna yang tepat, si mungil pun akan terasa sejuk. Ren Katili, arsitek dari biro Arsitektropis, membenarkan efek warna dapat memberikan kesan sejuk dan nyaman di rumah mungil. Namun, penggunaan warna tersebut haruslah disesuaikan dengan lokasi dan penempatannya, misalnya dibedakan antara area interior dan eksterior rumah. Perbedaan warna ini penting karena setiap warna memberikan efek yang berbeda beda pada ruangan.

Baca juga : Jual Genset Bali

Elemen warna pada interior maupun eksterior akan memberikan dua kesan, yakni kesan secara psikologis dan kesan sesungguhnya. Kesan psikologis dapat dirasakan melalui pemilihan warna-warna pada interior, sedangkan kesan sesungguhnya ditimbulkan dari pemilihan warna eksterior. Menurut Ren, menurunkan suhu ruangan di dalam rumah dapat dilakukan lewat pemilihan warna eksterior yang tepat. Berikut ini tip-tip memilih warna yang pas untuk diaplikasikan di area eksterior dan interior.

Warna Cerah pada Eksterior

Layaknya memilih warna pakaian luar, rumah pun perlu perhatian dalam hal memilih warna eksterior. Sama halnya seperti pakaian luar, penggunaan warna-warna terang akan memantulkan paparan sinar matahari pada dinding luar. Dinding memiliki pori-pori yang nantinya akan merambatkan panas matahari ke dalam ruangan.

Penggunaan warna-warna gelap akan mudah menyerap panas sinar matahari antara 70%-90%. Pilihlah warna warna cerah seperti putih, kuning mustard, dan warna cerah lainnya agar suhu panas di dalam ruangan dapat diminimalisasi. Bila ingin memadukan dengan material lain, pilih jugalah yang berwarna terang. Penggunaan warna yang tepat akan membantu menurunkan suhu dalam ruangan.

Sentuhan Warna Gelap untuk Lantai Teras

Bertolak belakang dengan warna cat dinding pada eksterior, pemilihan warna untuk lantai teras haruslah yang gelap. Ren menjelaskan paparan sinar matahari tidak hanya mengenai dinding eksterior rumah, lantai teras pun ikut terpapar. Pada sore hari misalnya paparan sinar matahari akan mengenai lantai teras. Bila lantai tersebut menggunakan warna terang maka panas matahari akan terpantul dan masuk ke dalam rumah sehingga menaikkan suhu ruangan. Selain menggunakan warna-warna gelap, Anda bisa mengaplikasikan material lain seperti batu alam atau kayu agar terlihat lebih dinamis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *