Luar Biasa, Inilah 5 Manfaat Jus Seledri Untuk Kesehatan

Manfaat Jus Seledri – Seledri adalah salah satu jenis tumbuhan yang sering dijadikan bumbu masak, bercampur dengan rempah-rempah dan segala bumbu masak pada umumnya seperti garam, penyedap rasa hingga daun bawang menjadi bumbu masak wajib yang selalu disediakan di penyimpanan dapur kita.

Baca Juga: Perbedaan Margarin dan Mentega

Jika anda terbiasa membuat sayur sop maka anda sudah terbiasa dengan seledri bukan? Walaupun ternyata berbau agak berbeda dengan bumbu-bumbu lainnya, tanaman seledri ternyata memiliki manfaat lain yang bermanfaat untuk kesehatan tubuh anda.

Kandungan Daun Seledri

Seledri secara umum memiliki kandungan cairan yang baik, tinggi kandngan mineral an vitamin seperti vitamin B6, VitaminC, Vitamin K, Kalium hingga asam folat. Selain itu seledri juga memiliki kandungan antioksidan yang lumayan tinggi seperti flavonoid dan fenolik.

Karena banyaknya manfaat mineral dan vitamin yang diberikan seledri, maka seledri menjadi salah satu bahan masak yang sering dicampurkan di sayur, menjadi pelengkap pada beberapa makanan dan bahkan dijadikan jus seledri sebagai minuman kesehatan.

Tahukah kamu bahwa manfaat jus seledri bagi tubuh itu ternyata luar biasa. Jika anda sebelumnya belum mengetahui manfaat jus seledri, anda sebaiknya mencoba untuk mengkonsumsi rutin jus seledri agar mendapat manfaat jus seledri bagi kesehatan tubuh anda.

Luar Biasa, Inilah 5 Manfaat Jus Seledri Untuk Kesehatan

Manfaat jus seledri yang diberikan untuk tubuh bervariasi dari mencegah penyakit, menjaga kesehatan, memberikan asupan gizi dan vitamin serta menjadi salah satu pencegah peradangan ringan dan berikut manfaat jus seledri bagi kesehatan tubuh:

1. Mencegah peradangan

Pertama, kandungan antioksidan seperti flavonoid dalam jus seledri, menjadi salah satu pencegah peradangan yang dialami di dalam tubuh. Radang yang terjadi di dalam tubuh biasanya disebabkan faktor adanya radikal bebas seperti bakteri dan agen-agen asing yang membuat tubuh meradang dan menimbulkan nyeri.

Peran antioksidan yang diberikan manfaat jus seledri adalah menghalau datangnya radikal bebas ke dalam tubuh.

2. Menekan terjadinya stress oksidatif di dalam tubuh

Kedua, kandungan antioksidan dan juga vitamin C di dalam manfaat jus seledri, berguna dalam menekan terjadinya stress oksidatif di dalam tubuh

Apa itu stress oksidatif? Stress oksidatif adalah stress yang ditimbulkan oleh organ-organ tubuh karena adanya faktor penyakit sehingga menyebabkan organ-organ mengalami tekanan masalah seperti jantung koroner, stroke hingga penyakit-penyakit lain.

3. Mengurangi potensi penyakit jantung dan ginjal

Ketiga, manfaat jus seledri selanjutnya adalah mampu mengurangi potensi penyakit jantung dan ginjal serta menjaga kesehatan dua organ tubuh ini. Jus seledri yang kalian minum secara rutin tersebut mampu memberikan perawatan antioksidan kepada jantung dan ginjal dan otomatis mencegah keduanya terkena penyakit dan benda-benda asing radikal bebas yang berpotensi mengganggu kinerja jantung dan ginjal.

4. Merawat organ organ tubuh

Keempat, kandungan antioksidan yang diberikan jus seledri selain mampu merawat organ organ tubuh dan mencegah peradangan ternyata memiliki banyak kemampuan seperti misalnya mencegah paparan kanker di dalam tubuh. Apa penyebab utama terjadinya kanker?

Kanker bisa disebabkan oleh dua hal, pertama adalah karena adanya ekspansi sel-sel tubuh yang tidak terkontrol sehingga menyebabkan keganasan, sementara penyebab keduanya adanya zat asing radikal yang menginfiltrasi sel-sel tubuh sehingga menyebabkan terjadinya keganasan di dalam sel-sel tubuh tersebut. Kandungan antioksidan yang ada di dalam jus seledri dapat mencegah masuknya infiltrasi zat-zat asing yang merugikan tubuh.

5. Bahan penurun tekanan darah tinggi

Kelima, manfaat jus seledri terakhir adalah mampu menjadi bahan penurun tekanan darah tinggi. Tentu saja meminum jus seledri tidak saat tekanan darah tinggi anda naik, tetapi fokus pada menjaga agar tekanan darah tidak tinggi, sehingga mengonsumsi jus seledri pada saat periodik saja. Faktor ini karena beberapa bahan yang ada di dalam jus seledri memiliki kandungan antihipertensi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *