Mandi Sambil Bermain

PERALATAN: • 3eralatan mandi, se perti bak mandi bayi, waslap, spons, sikat halus. • Beragam mainan un tuk mandi yang bisa mengapung di air dan berkaitan dengan air (bebek, ikan, kepiting, perahu kecil, dan se bagainya). CARA BERMAIN: 1. Dudukan si kecil dalam bak mandi. 2. Kenalkan satu per satu mainan, juga tentang karakter mainan itu. Contoh, “Ini namanya bebek. Bebek tidak hidup di air tapi jago berenang, lo.” Lalu, “Kalau yang ini ikan. Ikan hidup di dalam air.” Biarkan si kecil memegang semua mainan di bak mandinya. 3.

Baca juga : Beasiswa d3 ke S1 Luar Negeri

Basuh seluruh badan bayi dengan air. Biarkan dia menyentuh air dan menciprat-cipratkannya. 4. Sabuni seluruh tubuh si kecil sambil Mama bernyanyi. Pilih jenis lagu yang akrab dan senang didengar si bayi. Katakan juga, “Sabun akan membuat badan kamu bersih dan wangi.” Biarkan jika si kecil tertarik memegang sabun dan melumuri tubuhnya dengan sabun. 5. Selesai mandi, bungkus tubuhnya dengan handuk agar tidak kedinginan. Sambil digendong, ajak bayi mengucapkan selamat tinggal pada mainan-mainan yang ada di bak mandinya. Semisal, “Selamat tinggal, bebek.” Atau, “Ikan, aku tinggal dulu, ya.”

Berat badan kurang

Putri saya (11 bulan, 2 minggu) berat badan (bb) 6,7 kg, kata bidan bb-nya kurang sehingga disarankan membawa ke dokter spesialis anak. Mengapa bb anak saya kurang? Padahal saya sudah memberi mpasi sesuai takaran, mpasi juga saya buat sendiri. Saya juga masih memberikan asi dan anak saya terlihat sangat aktif. Pertanyaan selanjutnya, suami meminta agar anak kami ditindik telinganya untuk anting.

Tapi saya khawatir ia bakal kesakitan. Berbahayakah tindik telinga untuk bayi? Icha letichia – cimahi Ibu Icha yang baik, berat badan yang kurang dari standar usia dan tinggi badannya menandakan asupan si kecil belum optimal. Porsi, variasi, kelengkapan zat gizi, serta frekuensi pemberian MPASI mungkin masih perlu ditingkatkan. Pada prinsipnya anak memerlukan asupan kalori dari makanan dan susu untuk kebutuhannya beraktivitas dan bertumbuh kembang.

Ada baiknya Ibu melakukan konsultasi dengan ahli gizi agar dapat dievaluasi, kemudian dilakukan perbaikan agar pertumbuhan si kecil lebih optimal. Sedangkan masalah tindik telinga, selama dilakukan oleh tenaga kesehatan terlatih dan dilakukan dengan bersih/ aseptik, maka tidak apa-apa. Rasa nyeri yang dirasakan si kecil biasanya bersifat sementara dan akan hilang setelah tindakan selesai dilakukan.

Sumber : https://ausbildung.co.id/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *