Material Anti-Panas Lindungi Bangunan Dari Terpaan Matahari

Mengurangi suhu panas pada ruangan juga dapat dilakukan dengan penggunaan material penahan panas yang tepat. Selain sirkulasi udara, penyebab panas lainnya adalah paparan sinar matahari yang merambat melalui dinding dan atap rumah. Terlebih, berada di lingkungan iklim tropis lembap, membuat kita mau tidak mau terpapar matahari lebih banyak.

Baca juga : Jual Genset Surabaya

Sejatinya, kita menginginkan cahaya matahari masuk ke dalam rumah sebagai penerang, tapi tidak ingin terkena paparan panasnya. Melihat permasalahan tersebut, berbagai produsen pun berlomba lomba menciptakan material penahan panas untuk membuat rumah kita terlindung dari panasnya sinar matahari. Material-material tersebut bila digunakan secara tepat akan membantu menghalau radiasi panas masuk ke dalam rumah.

Insulator Anti-Panas

Selain cat, adapula insulator sebagai material penahan panas. Insulator ini diaplikasikan di bagian bawah atap dan dinding rumah. Bahan bahan insulator pun beragam, seperti aluminium foil, cellulose fber (daur ulang kertas koran), glasswool (terbuat dari bahan dasar fberglass), dan polyurethane foam. Fungsi dari insulator ini adalah untuk meredam panas yang masuk ke dalam rumah melalui atap. Ren Katili mengatakan, material anti-panas ini sangat cocok diaplikasikan pada ruang yang kedap udara sehingga pas untuk ruangan ber-AC. Ragil Saptowati, Head of Insulation Division Cool or Cosy mengatakan insulator tersebut akan menahan dan meredam panas yang masuk ke dalam rumah sehingga AC tidak perlu bekerja terlalu keras untuk mendinginkan ruangan. Yang perlu diperhatikan adalah lapisan insulator ini harus terpasang dengan rapat, bila tidak dapat menurunkan kinerja insulator.

Material Atap

Panas sinar matahari yang masuk melalui atap genting akan berimbas pada hawa panas ruang di bawahnya. Material atap rumah yang tebuat dari keramik sebenarnya sudah mampu menghalau paparan sinar matahari. Menurut Leo Saputra, SE, MM, Marketing Manager HeatGard mengatakan material genting pada atap sudah dilengkapi formula anti-panas, sehingga tanpa dilapisi cat anti-panas pun, genting sudah mampu memantulkan sinar matahari. Material lain yang dapat menyerap panas adalah genting berbahan tanah liat dan beton. Beda halnya dengan material atap berbahan asbes dan seng, bahan ini bukanlah jenis isolator yang baik sehingga dapat membuat ruang di bawahnya terasa panas. Jika terpaksa menggunakan seng, lapisi bahan asbes dan seng dengan cat pelapis anti-panas untuk mengurangi panasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *