Memotret Cantiknya Bunga

Bunga yang indah dan segar, sering menjadi objek foto. Warna- warni bunga yang cemerlang memang menggoda mata untuk berlabuh dan merekamnya dalam sebuah foto. Berikut tips dari Darren Rowse (Digital Photography School).

Baca juga : harga iphone

  1. Sebelum memotret, pelajari bunga yang akan difoto. Ba gaimana memotong gambarnya, dengan mendekat atau sedikit menjauh. Apa titik paling me nariknya? Serangga yang hinggap, tangkainya, tekstur, warna, ben tuk, atau lainnya. Dari sudut mana foto akan diambil? Bagaimana arah cahaya? Berapa kedalaman foto yang diinginkan? Mana bunga terbaik yang bisa dipilih untuk difoto? Apa yang mengganggu di latar belakang dan depan? Posisi terbaik foto yang bisa diambil, horisontal atau vertikal?
  2. Memotret bunga identik dengan foto makro. Atur semua hal yang diperlukan, seperti tripod atau bersandar di benda kokoh, optical stabilization, scene makro, HDR, touch focus, hingga white balance dan ISO. Termasuk juga memilih waktu pencahayaan terbaik, yaitu hingga maksimal jam 10 pagi, dan jam 4 sore hingga magrib.
  3. Jangan pakai ­flash. Flash bisa memutihkan hasil foto dan menghilangkan detil. Foto yang berlebih cahaya lebih sulit diperbaiki daripada kekurangan cahaya.
  4. Bunga di kebun atau taman tentu berdampingan dengan objek lain yang mengganggu bunga yang akan dipotret. Mungkin ada peralatan berkebun, tanaman atau bunga lain. Putuskan benda mana yang akan dimasukkan dalam foto, dan mana yang harus disingkirkan.
  5. Membuang benda lain yang mengganggu dari target utama adakalanya merepotkan. Maka bisa dilakukan dengan cara lain. Cara termudah adalah pindahkan. Bisa juga berpindah sudut pengambilan foto (angle). Pakai zoom atau lebih mendekat ke objek agar benda lain tersebut tak nampak dalam foto. Jika ada, pakai scene makro agar bagian belakangnya tidak jelas (blur).
  6. Bersihkan bunga layu, atau daun di sekitar bunga yang mengering dan terkena hama. Itu bisa mengurangi komposisi foto.
  7. Bunga jarang sendirian. Di antara serangkaian bunga, tentukan bunga mana yang ter baik. Tak selalu harus di tengah, gunakan hukum Rule of Third.
  8. Terkadang, fokus ke bagian kecil dari bunga malah lebih menarik. Misalnya ke putik bunga, kelopak atau kuncup bunga.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *