Planetary Mixer atau spiral mixer? Mari kita bandingkan kelebihan dan kekurangannya

Serviamo.id – Mixer roti inovatif telah mengubah cara membuat adonan roti bagi koki pastry, pembuat roti, koki profesional dan koki pizza, tetapi juga ibu rumah tangga dan juru masak amatir tidak bisa tidak segera memikirkan mixer yang terkenal itu. Dengan munculnya alat ini, pekerjaan di dapur menjadi lebih cepat dan menyenangkan.

Selamat tinggal kelelahan yang berlebihan mengadoni adonan roti. Dengan mixer roti inovatif. Sekarang ini, menyiapkan roti, pasta, pizza, dan makanan penutup adalah hal yang mudah: cukup masukkan bahan ke dalam mangkuk/bowl, tekan tombol Start dan uleni adonan hingga siap untuk dipanggang.

Dalam beberapa tahun terakhir, mungkin juga berkat banyaknya program memasak di televisi yang mendorong semakin banyak orang menjadi bersemangat tentang seni memasak, pembelian mixer  roti telah meningkat pesat, tidak hanya untuk penggunaan profesional tetapi juga untuk penggunaan di rumah. Dan juga telah terjadi peningkatan dalam jenis dan model yang tersedia bagi pembeli yang, dihadapkan pada berbagai macam, tidak tahu mana yang harus dipilih: mixer planetary atau spiral mixer.

Kami akan mencoba untuk mengklarifikasi, dengan fokus khususnya pada mesin yang paling sering digunakan, yaitu pencampur adonan planetary mixer dan pencampur adonan spiral mixer.

Kami membandingkannya dan menggambarkan kelebihan dan kekurangannya.

Planetary Mixer

Apa itu pencampur planet dan bagaimana cara kerjanya?
Planetary adalah perangkat yang fungsi utamanya adalah menguleni dan mencampur bahan – bahan dan adonan. Istilah planetary mengacu pada jenis gerakan orbital yang dibuat mesin, mirip dengan rotasi planet. Dalam pengaduk planetary, pengocok berputar pada porosnya dan di sekitar tengah mangkuk, sehingga mencapai setiap bagiannya.

Dilengkapi dengan pengocok, berbentuk sekop, dan kait.

Planetary mixer sangat cocok untuk mengerjakan adonan dalam jumlah besar sekaligus dan untuk mencampur adonan yang mengandung ragi.

Cara menggunakan pengaduk planet sangat sederhana. Setelah semua bahan dimasukkan ke dalam mangkuk, cukup aktifkan alat mulai dari kecepatan paling lambat lalu tingkatkan secara bertahap.

Pengaduk Adonan Spiral Mixer

Digunakan baik dalam kegiatan membuat roti untuk artisan bakery, industri maupun rumah tangga, spiral mixer adalah mesin yang mencampurkan tepung dengan air, ragi dan bahan lainnya.

Pengaduk spiral terdiri dari kisi pelindung, bak, dari baja dan berbentuk silinder, yang dapat dari jenis tetap, dapat dilepas atau dimiringkan, dan spiral baja yang merupakan organ kerja utama. Yang membedakan mesin ini dari planet adalah gerakan ganda. Faktanya, mangkuk, yang berputar searah jarum jam atau berlawanan arah jarum jam pada porosnya selama fase pencampuran, dan spiral yang berputar di sekitar sumbu vertikalnya bergerak. Oleh karena itu, gerakan ganda ini memfasilitasi pengadukan, membuatnya lembut dan homogen (tercampur merata dan sempurna). Untuk memberikan elastisitas yang lebih besar pada adonan adalah kolom tengah tetap, yaitu lengan pemecah pasta yang memastikan bahwa campuran tidak menjadi satu blok.

Spiral mixer sangat direkomendasikan untuk adonan yang membutuhkan proses sangat lama, seperti adonan yang lembut, misalnya untuk roti atau pizza.

sumber : https://serviamo.id/mixer-roti/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *