Yuk Belajar Coding

Siapapun bisa belajar coding atau “programming”. Sesuai dengan tagline dari code.org, yaitu : “Anybody can learn”, code.org membuat gebrakan yang nyata dalam dunia edukasi. Apakah sebenarnya code.org ini? Pertanyaannya begini : Ada seekor katak yang jatuh ke dalam sumur yang memiliki kedalaman 10 meter. Setiap harinya, katak itu hanya bisa melompat setinggi 3 meter untuk menempel didinding sumur, semalaman. Namun setelahnya, dia merosot 1– meter.

Baca juga : Net89

Dalam berapa hari kah katak tersebut bisa keluar dari sumur ? Bila Anda menjawab “6”, dengan berat hati, saya mengatakan bahwa jawaban Anda salah ! Karena, di hari ke 5 (dimana si katak meraih 8 meter), katak tersebutbisa melompati sumur 1 meter lebih tinggi dan langsung kaburtanpa perlu merosot ke 10 meter. Kurang lebih, itulah sebuah analogi belajar algoritma dan pemrograman yang disajikan oleh code.org.

Serupa dengan analogi yang berikan tadi, website ini tidak serta-merta mengajarkan Anda bahasa pemrograman.Bahkan, Anda juga tidak diajari cara menuliskan baris program agar bisa menampilkan tulisan “Hello World” seperti yang dilakukan pada tutorial pemrograman pada umumnya. Website yang mendapat dukungan dari para Engineer dari perusahaan besar sekaliber Google, Microsoft, Facebook, dan Twitter ini mengajarkan kepada Anda mengenai pola pikir, ataupun cara menyelesaikan sebuah masalah dengan menggunakan logika terlebih dahulu.

Pemahaman pola pikir ini diberikan sebelum masuk ke bahasa pemrograman Java yang mereka gunakan. Code.org menyajikan metode pembelajaran bahasa pemrograman dengan cara yang menarik, yaitu dengan bantuan visual, sebuah pembelajaran pemrograman yang jarang kita temukan di dunia teknologi dan informasi Indonesia.

Fakta Seputar Code.org 1. Mark Zuckerberg, founder dari Facebook merupakan salah satu pihak yang mendukung code.org 2. Jumlah anak perempuan yang berminat belajar programming pun bertambah berkat kemunculan code.org 3. Anda bisa memberikan dukungan terhadap code.org dengan melakukan donasi. Setiap donatur akan mendapatkan penghargaan tertentu oleh code.org mulai dari pencantuman nama, hingga pemberian hadiah tertentu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *